Rabu, 24 November 2010

Perubahan Teknologi Komunikasi Massa: Cetak, Audio-Visual

Spoiler for :


Quote:
Media Cetak


Kios majalah di jalan-jalan begitu ramai dengan berbagai sampul majalah berwarna-warni. Gambar mentereng sampul majalah mode bersanding dengan gambar high tech majalah komputer, majalah arsitektur, dan majalah hobiis.

Inilah yang disebut segmentasi majalah. Untuk bertahan di tengah gempuran media audio visual, media cetak harus mengambil segmentasi. Majalah yang membahas masalah politik mempunyai target audiensnya sendiri. Pembaca yang loyal membuat majalah dapat bertahan, walaupun oplahnya tidak besar jika target pembaca menarik pemasang iklan maka majalah akan hidup.

Jika majalah memiliki ciri artistik dan mendalam penulisannya. Buku tradisional tidak hilang pamornya meski ada buku elektronik. Kenyamanan memegang novel favorit di tangan sulit ditandingi. Popularnya buku bestseller seperti Serial Harry Potter menimbulkan implikasi penjualan yang mengarah pada buku-buku populer saja. Buku-buku yang kurang di kenal tidak tersentuh marketing perusahaan buku besar.

Tradisi menulis dimulai bangsa China dan Timur Tengah jauh sebelum bangsa Eropa mengenalnya. Pada tahun 700 ( C.E) barulah tradisi menulis ini dibawa ke Barat.

Sampai ketika Gutenberg (jerman) menemukan mesin cetak barulah media cetak dapat diakses oleh banyak orang. Mesin ini membuat pesan dapat diproduksi masal tidak lagi menggunakan tangan seperti sebelumnya.

Penelitian menunjukan keterampilan membaca punya pengaruh signifikan pada proses berpikir sehingga cara berpikir lebih linear dan orang menghasilkan prestasi yang lebih baik di sekolah atau pekerjaan.

Masalah properti intelektual mengemuka dengan semakin luasnya peredaran media cetak. Halaman dan foto yang terdapat di media cetak dilindungi konvensi 1998, yaitu pengguna harus membayar kepada fotografer atau penulis selama masa hidup pencipta dan 70 tahun setelah mereka meninggal.
Quote:
Koran

Spoiler for :



Sebelum koran diciptakan masyarakat lebih mengenal newsletter. Moyang koran ini digunakan bank untuk memberitakan berita perdagangan dan finansial. Lalu ada lembaran berita tidak tetap, Corantos yang beritanya mencakup berita perang sampai berita ekonomi dan komersial. Lalu berganti jadi Diurnos, yang terbit setiap hari dan lebih fokus ke masalah domestik.

Penemuan Telegraph di tahun 1844 menghasilkan pemberitaan koran yang lebih cepat. Hal ini menimbulkan ide dari beberapa koran di Amerika untuk bergabung dan menyediakan layanan kawat berita pada tahun 1892, saat ini dikenal sebagai Associated Press (AP).

Seiring dengan perkembangan teknologi, munculah koran elektronik yang dapat diakses melalui internet. Koran elektronik belum menjadi sumber pemasukan utama, akan tetapi dapat menjadi ancaman bagi keberlangsungan koran tradisional.

Kebutuhan lebih cepat dalam mencari, menulis serta menyebarkan berita menghasilkan revolusi pada dunia persurat kabaran.

Saat ini tidak aneh melihat wartawan mendengar siaran radio, menonton siaran TV, menggunakan fasilitas search engine komputer sampai memantau radio frekuensi polisi di newswroom dengan tujuan mencari berita.

Kemajuan dalam proses pencetakan koran, dilakukan dengan pengiriman data melalui satelit ke percetakan yang jauh, sehingga koran dapat terbit pada waktu yang sama di tempat yang berbeda-beda.
Quote:
Musik Rekaman

Spoiler for :


Teknologi rekaman akustik pertama dikembangkan di tahun 1877 oleh Thomas Edison. Dia memproduksi prototype phonograph, pemutar rekaman, yang memutar lagu Mary Had A Little Lamb.

Bisnis phonograph yang awalnya sukses dengan Victrola, yaitu phonograph yang didisain untuk digunakan di rumah berbalik gagal di pasaran karena semakin populernya radio di tahun 1924. Orang berbondong-bondong beralih mendengar radio yang menayangkan musik gratis. Meskipun nantinya keadaan akan berbalik, dimana indutri rekaman dan radio akan saling menunjang penjualan musik rekaman.

Penemuan teknologi baru membuat kualitas suara yang dihasilkan lebih baik. Pita magnetik yang dikeluarkan oleh 3M berkualitas lebih jernih, lebih murah dan gampang diedit. Perusahaan rekaman dapat memproduksi rekaman yang berkualitas dengan harga lebih rendah karenanya.

Muncul penemuan Compact Disc tahun 1982. Awalnya CD diragukan karena kualitas suara yang kurang halus. Tapi pada tahun 1990 praktis CD telah menguasai pasar musik rekaman dan menggeser kaset.

Fasilitas pemutar CD pada komputer membuat semakin mudahnya memindahkan data digital lewat internet. Menghadapi masalah pembajakan, perusahaan rekaman menuntut situs Napster pada tahun 2000 yang menyediakan pungunduhan musik digital gratis. Tapi usaha tersebut tidak membuahkan hasil kerena internet tidak bisa dibendung. Menyiasati kenyataan tersebut banyak artis justru memanfaatkan situasi dan menjual lagu lewat situs internet.
Quote:
Televisi

Spoiler for :


Jika Philo Farnsworth tidak mengendarai traktornya di tahun 1922, mungkin ide tentang televisi tidak akan muncul di kepalanya. Philo membayangkan pembagi gambar elektronik yang dapat memotong gambar menjadi kumpulan garis yang terlihat seperti barisan ladangnya.

Transmisi ekperimental pertama dilakukan tahun 1925 oleh Charles Jenkins dan John Logie Baird dengan menggunakan perangkat mekanik primitif.

BBC melakukan siaran elektronik televisi pertama di tahun 1936. Di Amerika hal ini baru terjadi di tahun 1939.

Dengan adanya pilihan televisi kabel selain televisi publik. Terdapat penurunan jumlah pemirsa pada televisi publik. Penonton TV kabel adalah penonton setia televisi. Dengan spesialisasi yang berbeda pada TV kabel, maka pemirsa TV kabel mendapatkan apa yang dia inginkan dari sebuah tayangan televisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar